{{ message }}

Tutorial Membuat Web PHP Pertama Dengan XAMPP

02/08/2017 | PHP
Tutorial Membuat Web PHP Pertama Dengan XAMPP

Jika Anda adalah seseorang yg berminat untuk mempelajari dunia pemrograman web, dan Anda pada saat ini masih baru pertama kali belajar PHP. Saya akan merekomendasikan tutorial ini untuk Anda. Hal pertama yg dilakukan adalah menginstall beberapa software pendukung untuk mensimulasikan server web agar berjalan di komputer Anda, lalu Anda dapat menulis program PHP pertama Anda.

XAMPP

Ini adalah software pertama yg saya rekomendasikan bagi Anda yg baru pertama kali belajar PHP. XAMPP merupakan paket terdistribusi yg berisi beberapa software pendukung pengembangan web yaitu antara lain adalah;

  • Apache
  • MySQL
  • phpMyAdmin
  • PHP

Silakan mendownload XAMPP di website resmi XAMPP pada beberapa pilihan link download di website tersebut pilihlah paket XAMPP sesuai dengan Sistem Operasi yg Anda gunakan saat ini. Saya asumsikan Anda akan menginstall XAMPP pada Sistem Operasi Windows. Berikut ini beberapa langkah penginstallan yg perlu diperhatikan;

  1. Jalankan file setup paket XAMPP yg Anda download tadi lalu ikuti langkah-langkah penginstallan
  2. Jika Anda menemukan kotak pengisian dimana XAMPP akan diinstall, saya asumsikan Anda mengisinya dengan path/direktori “c:/xampp”

Apache Web Server

Perlu diketahui dengan menginstall XAMPP artinya Anda telah menginstall Apache Web Server sebagai bagian paket yg didistribusikan XAMPP. Kegunaan Apache pada saat ini adalah untuk mensimulasikan Web Server agar berjalan di komputer pribadi Anda.

Kembali ke langkah-langkah tutorial kita;

  1. Silakan buka XAMPP Control Panel. Anda dapat mencarinya di start menu program ataupun di Desktop Anda. Maka XAMPP Control Panel akan terbuka
  2. Disitu ada tombol start untuk Apache dan MySQL. Silakan tekan tombol start pada Apache untuk menjalankan Web Server

Pada saat ini Web Server telah berjalan. Anda dapat mencoba seolah-olah Anda browsing menggunakan Web Browser (Firefox/Chrome) tanpa menjalankan koneksi internet, karena Web Servernya ada di komputer Anda sendiri.

  • Buka Web Browser Anda lalu ketik “http://localhost” pada alamat url. Maka halaman depan XAMPP akan tampil, menandakan Apache telah terinstall dengan baik di komputer Anda.

PHP

Sama halnya seperti Apache, PHP sudah terinstall dikomputer Anda karena merupakan bagian dari paket terdistribusi XAMPP. Kali ini kita akan mencoba menulis program pertama kita.

Buka Notepad lalu ketik code php sederhana berikut ini;

<?php 
 
phpinfo();

Lalu simpanlah program tersebut. Asumsi saya sebelumnya Anda menginstall XAMPP di “c:/xampp” maka simpanlah file php ini misalnya dengan nama “test.php” (ekstensi file harus *.php) di direktori “c:/xampp/htdocs”. Artinya pada saat ini Anda memiliki file di “c:/xampp/htdocs/test.php”.

Lalu bukalah Web Browser Anda (Firefox/Chrome), ketikan alamat “http://localhost/test.php”. Maka Web Browser akan menampilkan informasi lengkap tentang konfigurasi PHP di komputer Anda. Ini menandakan program Anda dapat berjalan dengan baik dan PHP terinstall dengan baik di komputer Anda.

Perlu diketahui disini jika Anda menyimpan suatu file atau direktori di direktori htdocs-nya XAMPP maka itu sama saja artinya file/direktori tersebut dapat diakses melalui Web Browser dengan alamat “http://localhost”. Ini bagaikan dua tembusan untuk menuju tempat yg sama.